Memaknai Hari Lahir Pancasila

hari pancasila

Memaknai Hari Lahir Pancasila

Hari lahirnya Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Sudah genap 76 tahun pancasila dikemukakan oleh Bund Karno dalam sidang BPUPKI ( Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Sejak 1 Juni 1945, Pancasila memiliki kedudukan yang penting. Nama Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, terdiri dari dua kata yaitu, “panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas.. Menurut Ir. Soekarno, PAncasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun- menurun berabad-abad lamanya, terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian, Pancasila tidak hanya sebagai falsafah negara, namun lebih luas, yaitu falsafah bagi bangsa Indonesia.

Dasar negara Indonesia dilambangkan dalam burung garuda yang mempunyai semboyan berbeda-beda, namun tetap satu atau disebut Bhineka Tunggal Ika. Lambang negara menggunakan burung Garuda karena dapat menggambarkan bahwa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang besar dan negara yang kuat.

Gulungan bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika yang dicengkeram Burung Garuda Pancasila yang secara umum di maknai sebagai “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Disamping itu, di dada Garuda Pancasila terdapat perisai yang menggambarkan 5 sila.

Isi Pancasila dan Simbolnya:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa, dilambangkan dengan Bintang.
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dilambangkan dengan Rantai.
  3. Persatuan Indonesia, dilambangkan dengan Pohon Beringin.
  4. Kerakyatan yang Dipimipin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan, dilambangkan Kepala Banteng.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dilambangkan dengan Padi dan Kapas.

Comments are closed.

dev