Produk UKM Bersaing, Pelatihan Pengemasan Bahan Olahan di Klate

Bulan Oktober merupakan bulan dimana PT. Yogyakartas Mega Grafika mengisi pelatihan tentang kemasan di berbagai kota. Kami sebagai produsen kemasan dan tas kertas bersemangat untuk membagi ilmu kami kepada para UKM. Kali ini, kami mengisi pelatihan di Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Klaten.

Mengapa banyak produk UKM yang masih sulit untuk bersaing? Jika kita menanyakan hal itu sebenarnya banyak kendala yang dihadapi oleh UKM. Salah satunya adalah minimnya informasi mengenai pentingnya kemasan terhadap pemasaran produk. Kenyatannya sebagian besar pelaku UKM masih menganggap sepele peran kemasan.

Untuk mengubah mindset para UKM, PT. Yogyakartas Mega Grafika tak hanya memberikan materi mengenai kemasan, desain kemasan dan macam kemasan, namun kami juga memberikan praktek secara langsung pembuatan dus kemasan, tas kertas, kantong kertas dan standing pouch.

Pelatihan Pengemasan Bahan Olahan yang diikuti sekitar 30 peserta dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu Selasa dan Rabu tanggal 27 dan 28 Oktober 2020.

Pada hari pertama peserta pelatihan mendapatkan materi kemasan dan praktek pembuatan standing pouch dan kemasan sachet. Kami pun menyediakan mesin sealer, bahan alumunium foil , cutter dan penggaris agar peserta ikut serta dalam pembuatan standing pouch.

Di hari kedua, kami mengajak peserta pelatihan untuk praktek pembuatan dus kemasan, kantong kertas dan tas kertas. Kami sudah menyiapkan bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan kemasan secara manual.

Dalam sesi terakhir pelatihan, kami memberikan challenge kepada para UKM untuk membuat kemasan yang telah disediakan “Kemasan yang paling rapi, bersih dan sesuai standar akan diberikan hadiah”. Walaupun di akhirnya semua peserta mendapatkan hadiah dari kami. Kami berharap dengan adanya pelatihan pengemasan, peserta UKM mengupgrade produk jualannya ke dalam kemasan yang lebih baik dan mampu bersaing dengan produk lain.

Leave comment